Menghabiskan Malam di Pulau Panjang

5
2597
views
Camping di Pulau Panjang (Foto : Teddy Istanto)
IMG_7857
Camping di Pulau Panjang (Foto : Teddy Istanto)

Pulau panjang merupakan gugusan pulau yang secara administratif masuk ke wilayah Jepara. Tidak sejauh Karimun Jawa, pulau ini hanya berjarak sekitar 1,5 mil laut dari Pantai Kartini Jepara, Jawa Tengah. Waktu tempuh untuk ke pulau ini pun relatif singkat, hanya sekitar 15-20 menit dari pantai kartini Jepara. Perjalanan ke pulau panjang ditempuh dengan perahu nelayan sekitar atau perahu yang sediakan untuk wisatawan menyeberang ke pulau ini. Sebenarnya untuk berkunjung ke pulau ini hanya dibatasi sampai jam 4.00 sore, lepas dari jam itu pulau seharusnya dikosongkan dari wisatawan. Tapi saat ini pulau panjang dijadikan tujuan alternatif untuk camping selain karimun jawa, meskipun sebenarnya berkunjung ke pulau ini di mlam hari apalagi camping merupakan kegiatan ilegal tapi diakhir pekan pulau panjang selalu didatangi wisatawan yang ingin menghabiskan malam disana dan menikmati pemandangan khas pantai yang indah.

Tampak Pasir Putih di Pulau Panjang (Foto : Teddy Istanto)
Tampak Pasir Putih di Pulau Panjang (Foto : Teddy Istanto)

Begitupun saya dan kawan-kawan yang menghabiskan akhir pekan ini dengan camping di pulau panjang. Selepas isya’ kita menyeberang dari pulau kartini dengan perahu wisata, kita sepakat dengan pemilik perahu untuk membayar 250 ribu untuk antar dan jemput di keesokan harinya. Pada hari biasa wisatawan dikenakan biaya 15 ribu untuk berkunjung ke pulau ini. Sesampainya di pulau kita langsung mendirikan tenda dan menyalakan api untuk membakar ikan sebagai makan malam, dan memasak air panas untuk membuat kopi sebagai teman menikmati pemandangan malam di pantai dengan deburan ombak dan terangnya bintang malam.

Bakar Ikan Untuk Makan Malam
Bakar Ikan Untuk Makan Malam

Yang ditunggu-tunggu tentu saja adalah sunrise, ketika fajar mulai menyingsing kita sudah mulai bangun untuk menikmati matahari terbit dari balik gunun g Muria Kudus.

DSC_0167

IMG_7855

Ketika matahari sudah mulai agak tinggi kita bisa berenang di laut yang tidak terlalu dalam, sehaingga aman untuk berenang. Selepas itu tiba saatnya untuk mengelilingi pulau yang memiliki luas sekitar 19 Hektar. Untuk menyusuri pulau ini kita bisa jalan kaki atau menyewa sepeda gunung yang disewakan, cukup membayar 20 ribu kita sudah bisa mengelilingi pulau ini dengan naik sepeda.

IMG_7977
Menjelajah Pulau Panjang Dengan Sepeda

Karena pulau ini tidak terlalu jauh dari daratan Jepara, kita masih bisa menikmati jaringan seluler untuk beberapa operator. Setelah puas eksplorasi pulau panjang kita membereskan tenda untuk kemudian pulang dengan perahu yang sama yang mengantar kita tadi malam. Berikut beberapa foto yang kita abadikan di Pulau Panjang.DSC_0184

DSC_0199

DSC_0229

IMG_7867

IMG_7863

IMG_7908

IMG_7915

IMG_7939

IMG_7919

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here