Ini Dia Aturan Menerbangkan Drone di Indonesia

0
439
views
shutterstock_242068924
Foto : Shutterstock

Penggunaan Drone atau pesawat tanpa awak kini semakin marak, mulai dari penggunaan secara komersil, maupun secara pribadi. Indonesia sebagai negara berkembang tidak mau ketinggalan dengan negara maju yang sudah memiliki aturan bagi pengguna drone. Melalui Peraturan Menteri Perhubungan no 90 tahun 2015 pemerintah mengatur pengoperasian drone. Peraturan tersebut diterbitkan bertujuan untuk meningkatkan keselamatan penerbangan dari kemungkinan bahaya yang ditimbulkan dari pengoperasian drone. Dengan aturan tersebut masyarakat tidak lagi boleh sembarangan menerbangkan pesawat tanpa awak. Drone tidak bisa dioperasikan pada kawasan dengan kategori prohibited area, restricted area dan kawasan keselamatan operasi penerbangan sebuah bandara. Termasuk tidak boleh diterbangkan di atas ketinggian 150 meter.

Drone diperbolehkan terbang diatas 150 meter dengan ketentuan khusus, seperti untuk kepentingan pemerintah. Pun demikian harus atas seizin Dirjen perhubungan udara dan harus memenuhi beberapa hal, seperti identitas dan rencana penerbangan. Selain itu drone juga tidak diperbolehkan memotret atau merekam video tanpa seizin dari intstansi yang berwenang.

Anda tertarik menerbangkan drone? Jangan lupa aturannya, karena jika melanggar anda akan dikenakan sanksi sesuai Undang-undang Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here