Saut(sautan) HMI Vs KPK

0
422
views

image

Pernyataan salah satu komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi Saut situmorang pada Talk Show Benang Merah di TV One, Kamis (5/5) malam menimbulkan reaksi dan protes dari tubuh HMI dan KAHMI. Pada Talk Show tersebut Saut meyatakan bahwa mahasiswa yang ikut LK I HMI pintar-pintar, tapi setelah jadi pejabat mereka menjadi sangat jahat dan korup, spontan saja pernyataan tersebut membuat geram kader-kader HMI dan KAHMI seluruh Indonesia, Bahkan beberapa petinggi negeri juga mengkritik pernyataan wakil ketua lembaga anti rasuah tersebut. Sebut saja Jenderal Moeldoko dan Ray Rangkuti yang mengkritik via akun Twitternya. Merespon pernyataan dari Saut, PB HMI telah menyatakan kecaman dan sekaligus himbauan kepada seluruh cabang dan badko HMI untuk melaporkan Saut situmorang ke Polres dan Polda di daerah masing-masing. Pasalnya, pernyatan Saut dianggap mengeneralisasi bahwa HMI adalah organisasi yang mencetak koruptor.

Sabtu, 7 Mei 2016, Ketua Umum PB HMI melakukan pelantikan pengurus HMI Cabang Bangkalan, dalam sambutannya  kakanda Mulyadi P. Tamsir tidak memungkiri adanya alumni HMI yang terlibat kasus hukum dan kasus korupsi, tapi secara jelas beliau juga membantah bahwa HMI mengajarkan untuk korupsi kepada kadernya. Seusai acara pelantikan saya sempat bertemu langsung dengan kakanda Mulyadi di kamar penginapan bersama beberapa kawan dari HMI, beliau terlihat seperti terburu-buru packing sambil ngobrol tanya kabar dan aktifitas saat ini kepada saya, sambil lalu merapikan tas yang beliau bawa kami bercanda mengingat saat-saat dulu turba keliling Jawa Timur. Seharusnya seusai agenda pelantikan pengurus HMI Cabang Bangkalan beliau bersama Ketua Bidang PAO (Pemberdayaan Aparatur Organisasi) langsung menuju ke Pamekasan untuk melakukan pelantikan pengurus HMI Cabang Pamekasan. Namun beliau meminta maaf kepada teman-teman dari Pamekasan tidak dapat hadir dikarenakan harus segera kembali ke Jakarta hari itu juga. Jadi rencana sebelumnya akan bertolak ke Jakarta hari minggu pagi digagalkan karena tiket pesawat pagi dari Surabaya habis terjual untuk penikmat long weekend, sementara beliau ada agenda untuk koordinasi terkait sikap PB HMI akan melaporkan Saut kepada Polisi pada hari senin esok (9 Mei 2016). Rupanya memang tidak main-main sikap yang diambil oleh PB HMI terkait pernyataan Saut Situmorang. Bahkan Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) membuat petisi dan menuntut Saut untuk minta maaf di Media massa 5 hari berturut-turut.

KPK Merespon (Nyaut)

Terkait sikap yang akan diambil oleh HMI, KPK Merespon bahwa hal tersebut hanya kesalah pahaman saja “‎KPK akan mengajak HMI bertemu untuk membicarakan hal ini. Kami percaya kesalahpahaman ini bisa segera diakhiri, tentu dengan  berkomunikasi satu sama lain,” Kata Juru Bicara KPK Yuyuk Andriati kepada JawaPos.com. Sementara Saut sendiri secara pribadi sampai saat ini belum merespon terkait sikap yg akan diambil oleh PB HMI dan KAHMI. Terlepas dari ini adalah sebuah kesalah pahaman namun pernyataan Saut memang tendensius. Entah apa motif dari pernyataan tersebut, kita kader HMI harus jeli mencermati kasus ini. Boleh jadi pernyataan ini adalah test case oleh Saut terhadap HMI, kita tahu bahwa Saut adalah mantan BIN yang tentu sudah biasa bagi dia membuat sebuah konflik untuk suatu kepentingan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here