Miliaran Uang Dihancurkan Setiap Hari

0
941
views
Foto (Detik.com)
Foto (Detik.com)
Foto (Detik.com)

Uang rupiah yang merupakan alat tukar yang sah di Indonesia yang diawasi dan diatur oleh bank indonesia peredarannya. Sebagai bank central Bank Indonesia melakukan kontrol terhadap kondisi uang secara fisik dan secara ekonomi. Beberapa minggu lalu saya berkenalan dengan salah satu teknisi bagian penyortiran dan penghitungan. Teman saya ini dari BI (Bank Indonesia) Bali. Karena akan ada penggantian mesin baru sehingga dia ditugas belajarkan di BI semarang yang sudah mengoperasikan mesin tersebut. Dari cerita teman saya ini bank indonesia melakukan peraturan ketat untuk masuk ke ruangan mesin penyortir dan penghitungan (BanknoteĀ  Processing System). Untuk masuk ke ruangan tersebut teknisi tidak diperbolehkan membawa apa-apa, termasuk handphone, dompet dan sebagainya, bahkan saku yang terdapat pada celana dan baju harus dijahit, sehingga tidak ada saku. BI melakukan penyortiran terhadap uang-uang yang disetorkan oleh bank-bank seperti BNI, BRI, BCA dan sebagainya.

Penyortiran

Penyortiran dilakukan untuk memastikan uang yang beredar di masyarakat masih layak atau tidak. Baik itu karena dicorat-coret, uang yang sudah lusuh, sobek, sampai ke uang palsu. Uang yang tidak layak edar akan diganti oleh BI dengan uang yang masih layak/baru dengan sejumlah yang sama pada saat penyetoran. Jadi semisal BNI setor 200 juta , setelah disortir oleh BI ternyata terdapat uang yang tidak layak edar sebesar 10 juta, maka BI akan mengganti uang 10 juta yang tidak layak edar dengan uang baru, sehingga uang yang dikelmbalikan ke BNI tetap 200 juta.

Contoh Uang Tidak Layak Edar (Foto : 4muda)
Contoh Uang Tidak Layak Edar (Foto : 4muda)

Proses Sortir

Mesin Sortir BPS (Banknote Processing System)
Mesin Sortir BPS (Banknote Processing System)

Dari penuturan teman saya ini uang akan disortir menggunakan mesin sortir otomatis. BPS M-7 nama mesinnya, setelah saya browsing BPS merupakan kependekan dari Banknote Processing System. Mesin canggih ini dapat melakukan penyortiran, penghitungan dan penghancuran. Uang yang akan disortir dimasukan ke mesin BPS ini, dengan beberapa pengaturan dan password mesin ini akan beroperasi mennyortir uang yang tidak layak edar (uang palsu, uang lusuh, uang dicorat-coret). Dilengkapi beberapa sensor dan camera uang ini akan memisahkan uang yang masih layak dan uang yang tidak layak edar. Uang yang masih layak akan dihitung dan langsung diberi label sesuai dengan jumlahnya. Sedangkan uang yang tidak layak akan langsung dihancurkan dan keluar dari mesin dalam bentuk gulungan (roll) kertas yang dipadatkan. Karena susah untuk mendapatkan foto Banknote Processing System berikut saya tampilkan video dari youtube yang mendemokan proses penggunaan dari BPS M-7.

[youtube url=”https://www.youtube.com/watch?v=AiKF-Bnbdjs” width=”500″ height=”300″]

Dalam kegiatan sehari-hari kita pasti pernah menemukan uang yang lusuh, dicoret, sobek dan sebagainya. Mari jaga uang dengan sebaik-baiknya agar negara semakin hemat dalam biaya pengeluaran uang baru yang dicetak oleh PERUM PERURI (Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here